Jumat, 16 Agustus 2019
Day #8
Penyimpangan Seksualitas,Pencegahan dan Solusinya
Materi kali ini akan di samapikan oleh kelompok 8,yang terdiri dari
1.Qurrotu Aini
2.Riska Titis
3.Ulinuha Dahlina
Setelah menyimak materi dan hasil diskusi yang semakin seru,alhamdulillah sedikit resume ini semoga bisa si emak terapkan dalam kehidupan sehari hari buat generasi penerus,
Penyimpangan seksual adalah aktivitas seksual yang di tempuh oleh seseorang untuk mendapatkan kenikmatan seksual dengan tidak sewajarnya.Penyimpangan fitrah seksualitas itu bukan biogenic,tapi psikogenic dan sosiogenic.
Macam macam Penyimpangan seksual
Cara Pencegahan terhadap penyimpangan Seksualitas
1.Mengenali lingkungan anak
2.Orang tua wajib mengedukasi/sistem portal terhadap setiap tontonan/informasi yang di temukan,seperti TV,internet,dan media lainnya
3.Waspada terhadap orang orang yang suka memberi hadiah pada anak tapi hindari su'udzon
4.Pendidikan fitah seksualitas sejak dini
5.Menguatkan bonding orang tua ke anak
Solusi Bagi Pelaku Penyimpangan Seksualitas
Pendekatan spiritual dan terapi psikologis seperti di ingatkan resiko dan konsekuensi hukum yang berlaku.
Hasil Diskusi :
1.Nama :Bunda Hasanah
Pertanyaan :
Adakah ciri-ciri khusus yang bisa dilihat jika seseorang itu menderita kelainan seksual, agar orang tua dapat waspada terhadap seseorang mengidap kelainan seksual???
Jawaban :
Hadits diriwayatkan oleh Abu Hurairah,
Rasulullah SAW bersabda,
"Tidak ada satu pun bayi yg terlahir kecuali dalam keadaan fitrah, maka dua orangtua nya lah yg menyebabkan menjadi (berkarakter seperti) Yahudi, Nasrani, atau Majusi."
Penyimpangan seksual itu sebenarnya bukan biogenic namun psikogenic dan sosiogenic.
Karena ini tdk trlihat secara fisik atau kelihatan normal.
Dengan menjadi dekat dan akrab dgn pelaku selama waktu tertentu mgkin baru bs mengidentifikasi orang mengalami penyimpangan seksual atau tidak, bahkan mgkin pelaku merasa dia adalah normal baginya. Maka dari itu ciri-ciri khususnya sangat sulit dilihat dengan kasat mata pendekatanlah dan mengenal lebih dekat pelaku penyimpangan agar bisa mengetahuinya.
Atau untuk lebih spesifik menjadi seperti ini, jadi ciri nya saat PDKT,lebih agresif terutama untuk homoseksual..Kalo yg pedofil,baik banget sama anak2..walaupun anak kecil nya ga terlalu kenal,dia baik banget..suka peluk2..bisa perhatiin juga latar belakang keluarga nya juga mba, gimana ayahnya gimana ibunya ,aku pernah ketemu beberapa kasus temenku, ada peran yg timpang antara ayah sama ibu nya, atau malah ayahnya gak berperan sama sekali.
Nah kalau sudah ke mengenal peran orangtua berarti orang tersebut sudah mengenal dekat dengan orang yg memiliki penyimpangan ya? Kita blm bisa menjudge orang tsb hanya dari kasat mata saja namun harus mengenal keluarga dsb.Ayah juga seharusnya mengambil peran dlm pengasuhan adalah pelajaran yg diambil dari kisah Amirul Mukminin, Umar bin Khattab ra.
Kewajiban ayah adalah hak yg harus didapatkan oleh anak..
Hak2 itu adalah :
1. anak berhak mendapat ibu terbaik yg mnjadi madrasah baginya
2. Anak berhak mendapat nama terbaik
3. Anak berhak mendapat pengajaran Al-Qur'an
Kalo kata org Jawa.."kui anake sopo to?"
Yg dipertaruhkan adalah orangtuanya yaitu cerminan dari pola asuhnya
2.Nama: Ayu
Pertanyaan:
Dari masing2 jenis penyimpangan seksual itu, kira2 apa yg mnjadi penyebabnya?
Dan pada usia / fase perkembangan mana pada anak yg merupakan masa2 'rawan' yg dpt menyebabkan penyimpangan seksual nantinya?
Jawaban :
Penyimpangan itu terjadi karena berbelok dari jalan semestinya, penyimpangan seksual terjadi karena ada fitrah seksualitas yang terkontaminasi, teracuni atau terbelokkan.
Ditekankan bahwa homo,lesbi, dan lain2nya bukanlah bawaan lahir..bukanlah warisan gen atau keturunan.Mungkin ada terjadi 'senggolan' pada masa lalunya, trauma karena masa lalunya, depresi atau kesedihan mendalam karena masa hidupnya dan akhirnya mengalihkan dengan koping yang dia anggap membuat bahagia tapi belum tentu bisa dipertanggungjawabkan di lingkungan masyarakat apalagi agamanya.
Fitrah seksualitas bukanlah pendidikan tentang seks,
Fitrah seksualitas adalah bagaimana seseorang bersikap, berpikir, bertindak sesuai dengan gendernya.
Fitrah seksualitas ini terinstall di semua manusia yg Alloh ciptakan, dimana dlm perkembangannya sgt dipengaruhi oleh stimulasi2 dari luar diri, terutama pola asuh orang tua.
Kuncinya ada pada Berjalannya pendidikan fitrah seksualitas oleh kedua orang tuanya. Jika terjadi cedera pada fitrah seksualitasnya, yg terjadi adalah Penyimpangan.
Rawan sekali di usia 0-14 tahun, karena itulah tahapan usia kita menyiapkan akar dari generasi yang matang yaitu aqil baligh.Usia rawannya banget menurutku saat usia dimana mereka sudah baligh tapi belum mencapai aqil
Pertanyaan :Kalau misalnya tidak ada masalah di usia 0-14 tahun, msh mungkinkan bisa terjadi penyimpangan seksual itu???
Jawaban :
Masih bisa bun, ada beberapa pengaruh faktor hormon dan kelainan otak yg sebenarnya jarang untuk istilah ini karena kebanyakan penyimpangan adalah psicogenic dan sosiogenic
Pertanyaan :Adakah penyebab yg spesifik atau mgkn yg seringkali melatarbelakangi penyimpangan seksual itu?
Misalnya misalnya homoseksual krn kehilangan figur ayah, lalu pedophil krn sesuatu hal, adakah yg spt itu bun?Atau mmg masing2nya itu multifaktorial ?
Jawaban :
Beragam biasanya mbak..tp spesifiknya berbeda2.
Jika LGBT sdh jelas bahwa ada cedera di salah satu pengasuhan masing2 ayah atau ibu..
3.Nama : Risna
Pertanyaan :
Bagaimana solusi dr penyimpangan seksual pada point 4? Seperti contohnya ada di masyarakat yg suka dengan pornografi.
Jawaban :
Sebenarnya pada kasus2 penyimpangan seksual mana pun solusi paling baik adalah mencegah terjadi itu semua, meminimkan apa2 yg menjadi pengaruh untuk meracuni atau mengontaminasi fitrah seksualitas dari dini.
Jika sdh membahas pornografi, biasanya akan lekat dengan pengaruh media.
Bahaya sekali jika sdh nyandu.
Tetap jalin kelekatan, ciptakan suasana agar anak mau terbuka dan tidak banyak menyimpan rahasia serta alihkan anak dengan kegiatan2 lain yg positif dan menyibukkan.Kurangnya kasih sayang dr orang tua, ternyata salah satu sebabnya...Kesalahan dosa orang tua ikut berperan...
Pengingat untuk kita semua...
Dan masih bnyak sebab yg lain...Nah pornografi memang sangat merusak otak ada sebuah cerita si A yang tidak sengaja melihat orangtuanya berhubungan intim lalu menemukan video cd porno milik orangtuanya bahkan sampai dewasa kecanduannya tidak berhenti pada film porno dan juga bermastrubasi. That's why pencegahan dari orangtua sangatlah penting. Pantau terus anak-anak apalagi yg sudah dipercaya pegang gadget.
4.Nama : Nopi
Pertanyaan :
1. Misal kita tahu di suatu tempat ada salah satu penyimpangan seksual (kota tahu dr orang tua anak teman) anak kita lihat tapi anak kita ngga cerita sama kita orangtuanya. Gimana caranya supaya anak mau terbuka bercerita?
2. Penyimpangan seksualitas psikogenic itu bagaimana maksudnya?
Jawaban :
Ada dua kemungkinan anak gak mau cerita,
Satu karena cuek dan tdk menganggap kejadian itu istimewa,dan takut terlibat di dalamnya dan yg diam yang lain adalah menganggapnya biasa tapi diam2 terbawa pengaruhnya.
Hal yg dikhawatirkan orangtua adalah anak yg cenderung introvert namun mudah terstimulus (ya khan ini yg dimaksud).
Cara supaya anak mau bercerita adalah lagi2 menggunakan komunikasi produktif🤭.
Gak ada ujungnya klo mbahas komunikasi produktif ye khan..wkwkwk.
Kalau saya dlu sama ibu, pernah dipancing begini
"Nduk, di sekolah SMA tempat temen ibu ngajar ada anak yg dapet beasiswa buat masuk UGM, tapi ternyata ketauan klo dia hamil pdhl belum nikah..jd beasiswanya gak jadi dikasih.."
Dengan dipancing cerita sama ibu saya jd tau dan sangat hati2 memilih teman dan lingkungan..
Psicogenic disini bukanlah penyimpangan melainkan adanya pengaruh psikologis yg menyebabkan terjadinya penyimpangan jadi bukan bawaan lahir (biogenic).
#Day#8
#Tantangan10hari
#Bunsaylevel11
#KuliahBunsayIIP
#FitrahSeksualitas
Jumat, 09 Agustus 2019
FITRAH SEKSUALITAS
Learning by Teaching
Day#2
Secara edukatif, anak bisa diberi pendidikan seks sejak ia bertanya di seputar seks. Bisa jadi pertanyaan anak tidak terucap lewat kata-kata, untuk itu ekspresi anak harus bisa ditangkap oleh orangtua atau pendidik. Clara Kriswanto, sebagaimana yang dikutip oleh Nurhayati Syaifuddin,16 menyatakan bahwa pendidikan seks untuk anak usia 0-5 tahun adalah dengan teknik atau strategi sebagai berikut.
1. Membantu anak agar ia merasa nyaman dengan tubuhnya.
2. Memberikan sentuhan dan pelukan kepada anak agar mereka merasakan kasih sayang dari
orangtuanya secara tulus.
3. Membantu anak memahami perbedaan perilaku yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan di
depan umum seperti anak selesai mandi harus mengenakan baju kembali di dalam kamar mandi atau di dalam kamar. Anak diberi tahu tentang hal-hal pribadi, tidak boleh disentuh, dan dilihat orang lain.
4. Mengajar anak untuk mengetahui perbedaan anatomi tubuh laki-laki dan perempuan.
5. Memberikan penjelasan tentang proses perkembangan tubuh seperti hamil dan melahirkan dalam kalimat yang sederhana, bagaimana bayi bisa dalam kandungan ibu sesuai tingkat kognitif anak. Tidak diperkenankan berbohong kepada anak seperti “adik datang dari langit atau dibawa burung”. Penjelasan disesuaikan dengan keingintahuan atau pertanyaan anak misalnya
dengan contoh yang terjadi pada binatang.
6. Memberikan pemahaman tentang fungsi anggota tubuh secara wajar yang mampu
menghindarkan diri dari perasaan malu dan bersalah atas bentuk serta fungsi tubuhnya sendiri.
7. Mengajarkan anak untuk mengetahui nama-nama yang benar pada setiap bagian tubuh dan fungsinya. Vagina adalah nama alat kelamin perempuan dan penis adalah alat kelamin pria,
daripada mengatakan dompet atau burung.
8. Membantu anak memahami konsep pribadi dan mengajarkan kepada mereka kalau
pembicaraan seks adalah pribadi.
9. Memberi dukungan dan suasana kondusif agar anak mau berkonsultasi kepada orangtua untuk
setiap pertanyaan tentang seks.
10. Perlu ditambahkan, teknik pendidikan seks dengan memberikan pemahaman kepada anak
tentang susunan keluarga (nasab) sehingga memahami struktur sosial dan ajaran agama yang terkait dengan pergaulan laki-laki dan perempuan.
Saat anak sudah bisa nalar terhadap struktur tersebut orang tua bisa mengkaitkannya dengan pelajaran fiqh.
11. Membiasakan dengan pakaian yang sesuai dengan jenis kelaminnya dalam kehidupan sehari- hari dan juga saat melaksanakan salat akan mempermudah anak memahami dan menghormati anggota tubuhnya.
Sebagaimana telah disebutkan, teknik pendidikan seks tersebut dilakukan dengan menyesuaikan terhadap kemampuan dan pemahaman anak sehingga teknik penyampaian dan bahasa amat perlu dipertimbangkan.
Assalammualaikum teman pembelajar semua
Hari ini kami akan mempresentasikan hasil diskusi kelompok kami,
Kami kelompok 2 terdiri dari
Arasy Fitri Amir
Neni nuraini
Adhe shafitri
Adapun judul presentasi kami adalah pengenalan fitrah seksual pada anak.
Presentasi kami menggunakan slide dan voice note...
Jadi jgn kaget dengar suara merdu kami ya
Presentasi kami bagi 3 sesi, untuk sesi 1 saya persilahkan kepada Bu Arasy
Poin pertama yang akan kami jelaskan adalah tentang pendidikan fitrah seksualitas
Pendidikan seksualitas berbeda dengan pendidikan seks ,
Pendidikan seksualitas dimulai sejak bayi baru lahir.
Dan pendidikan yang merupakan jalan memenuhi tujuan hidup dan menemukan misi hidup pun , sudah harus dimulai sejak awal
Mulailah selalu dari sisi cahaya anak-anak kita, bukan sisi gelapnya.Karena jika cahaya telah melebar menerangi semua sisi , Maka kegelapan menjadi tidak relevan. .Bukankah kegelapan hanya ada ketika cahaya tiada?” (Ust. Harry Santosa FBE).
Pendidikan: proses yang mendekatkan seseorang kepada tujuan,Pendidikan menumbuhkan semua potensi Fitrah menuju Peran Peradaban ( Misi Penciptaan).
Definisi Fitrah
Fitrah :Potensi peradaban yang di dalamnya telah well installed potensi dari semua peran tiap manusia untuk menjalani misi hidupnya (peran personal ataupun peran komunal ) dalam rangka mencapai tujuan hidup.
.Fitrah berbeda dengan watak, naluri.Fitrah ( al Thabari)Makna fitrah adalah murni sebab manusia sejak lahir membawa berbagai sifat, salah satunya kemurnian atau keikhlasan dalam menjalankan aktivitas.Fitrah seksualitas Bagaimana seseorang berpikir , merasa dan bersikap sesuai dengan fitrahnya sebagai lelaki sejati atau perempuan sejati.
Tujuan pendidikan fitrah seksualitas Membuat anak mengerti identitas seksualnya Mengenal peran seksualitas yang ada pada dirinya Mengajarkan anak untuk melindungi dirinya dari kejahatan seksual.fitrah seksualitas itu bukan sekedar harus diajarkan agama tetapi butuh lebih dari itu, anak2 butuh sosok ayahnya dan ibunya hadir membersamai perkembangan hingga masuk masa Aqil Baligh nya
Kita lanjut ke poin berikut nya..
Kami membagi pengenalan fitrah seksual berdasar kan usia anak.
Hasil Diskusi :
1. Nama : Mudho
Pertanyaan:
- Untuk mengajarkan anak usia sekolah, 6-7 thn, sebaiknya bagaimana ya memberikan pemahaman yang mudah di mengerti. Biasanya anak2 kalau qt bilg "bagian ini (payudara dn kelamin) tidak boleh di pegang" mereka malah pegang2an 🤦🏻♀💆🏻.
2. Cara berkomunikasi yg baik dg orangtua, jika ada orangtua yg belum melek ttg pendidikan seksualitas ini. Adakah cara tertentu agar tidak terjadi kesalahfahaman dalam berkomunikasi? Misal anak lelakinya seringkali memegang payudara anak prempuan
Jawaban :
1.Untuk usia 6-7thun sudah bisa diajak komunikasi 2arah. Maka sebaik nya dijelaskan efek dari menyentuh alat kelamin secara berlebihan,semisal lecet,bengkak dan lain2.
Usia 6-7
Bisa dijelaskan bahwa ada bagian tubuh yg tidak boleh disentuh oleh orang lain(seharusnya sdh mulai tahap ini sejak usia balita)
Ada lagu nya,
“Sentuhan tidak boleh
Sentuhan tidak boleh
Yang tertutup baju dalam...”
Nah, ketika kita tidak mengijinkan orang lain menyentuh kita maka
Kita tidak boleh menyentuh punya org lain juga.
Gunakan bahasa2 ilmiah untuk menjelaskan pentingnya organ2 seksual mereka.
2.Cara berkomunikasi yg baik: dengan memberi contoh peristiwa pada masyarakat.
Menceritakan banyak kejadian pelecehan seks pada anak, akibat tidak aware nya orang tua.
Bahwa kalau kita tidak peduli maka akan jadi bumerang
Anak2 sekarang Gen C , always connecting, mudah akses internet.
Tanpa arahan yang jelas bisa salah arah, tanpa pondasinyang kuat bisa gampang terpengaruh
2. Nama : Risda
Pertanyaan:
1. Bagaimana cara menjelaskan kepada anak yang bertanya tentang mimpi basah, kenapa disebut mimpi basah? emang kalau ngompol udah dewasa itu mimpi basah yah bu namanya?
2. Kalau perempuan menstruasi itu keluar darah, katanya kalau laki-laki keluar susu, benar gak sih bu?
Pertanyaan ini beberapa hari yang lalu yasmin tanyakan karena di sekolah temen-temennya heboh ngebahas tentang ciri-ciri baliq, kata yasmin pas yasmin tanya ke gurunya mimpi basah itu bentuknya kaya apa, malah ketawa satu kelas termasuk gurunya, ada temen yang jawab katanya keluar susu.
Dan gurunya menjawab suruh tanya ayahnya. (Usia Yasmin 13 tahun)
Semoga bisa membantu saya menjelaskan pada yasmin.
Jawaban :
Usia 7-10 th
Egosentris telah bergeser ke sosio sentris
Ayah berkewajiban memahami peran sosial kepada anak lelakinya, peran kelelakian dan peran keayahan dalam pentas sosial. Bahkan mandi wajib dan mimpi basah adalah tanggung jawab sang ayah
Begitu pula peran ibu, ibu org pertama yang harus menjelaskan makna konsekuensi adanya rahim ddan sel telur. Serta menjelaskan peran sosial perempuan
ayah bisa menciptakan komunikasi yang baik dan hangat dengan anak laki-lakinya. Karena pada awalnya, anak mungkin akan merasa malu jika membicarakan masalah ini. Maka, mulailah dengan membicarakan perubahan fisik yang terjadi padanya karena pubertas,Jelaskan pada anak bahwa suatu saat dalam tidurnya ia akan bermimpi sangat dekat dengan perempuan baik yang dikenalnya atau yang tidak, kemudian dari kemaluannya akan keluar cairan mani. Ayah dan Bunda bisa membuat alat peraga air mani dari *tepung kanji atau sagu yang dicampur dengan sedikit air hingga encer, * agar anak mengerti bentuk air mani dan tidak perlu malu jika nanti mengalaminya.
Katakan juga pada anak bila hal ini terjadi, maka ia harus mandi besar saat bangun tidur agar bisa kembali menjalankan shalat. Ajarkan juga pada anak cara mandi junub lengkap dengan niatnya.
Setelah anak memahami tentang mimpi basah, kemudian jelaskan pada anak bahwa setelah mengalami mimpi basah, maka pahala dan dosa atas semua perbuatannya akan menjadi tanggungannya, dalam Islam ia disebut sudah mukallaf.Jelaskan juga bahwa setiap kali anak mengalami mimpi basah, maka ia harus melakukan mandi junub agar bisa kembali menjalankan sholat dan membaca Al-Qur’an.
Izin sharing kutipan ttg mimpi basah dari buku dr. Boyke bun :
Mimpi basah menandakan organ reproduksi yang dimiliki seorang laki-laki sudah menghasilkan sperma. Kelenjar pituitary yang berada didalam otak dekat telinga merangsang testosteron yang ada di dalam testis (buah zakar) untuk mulai memproduksi sperma. Sayangnya, tempat sperma dalam tertis terbatas. Sementara, sperma terus diproduksi. Akibatnya testis tidak bisa menampung jumlah sperma yang berlebihan, sehingga harus dikeluarkan dengan cara mekanisme mimpi basah. Mekanisme ini berlangsung secara alamiah, Allah SWT sudah merancang tubuh sedemikian rupa untuk mengatasi kelebihan sperma. Cairan sperma yang keluar lewat penis di sebut air mani.Mimpi basah ini akan terus terjadi ya makPel? sepanjang hasrat seksual anak laki2 yg belum bisa tersalurkan berarti keluarnya via mimpi basah
3. Nama : Hasanah
Pertanyaan
1. Saat menjelaskan menstruasi atau mimpi basah siapa yg menjelaskan ? Ayah atau ibu atau di sesuaikan gendernya misal anak laki-laki dengan ayahnya anak perempuan dengan ibunya atau sebaliknya ?
Jawaban :
Jawabannya sama dengan jawaban bunda Risda
PERBEDAAN MANI, WADHI DAN MADZI..
1.Mani adalah cairan berwarna putih yg keluar memancar dari kemaluan,biasanya keluar nya cairan ini di iringi dgn rasa nikmat dan di barengi dgn syahwat.mani dpt keluar dlm keadaan sadar(seperti hubungan suami istri) ataupun dalam keadaan tidur (bisa di kenal dengan sebutan mimpi basah)
2.wadhi adalah cairan putih kental yg keluar dari kemaluan seseorang setelah kencing atau mungkin setelah melakukan pekerjaan yang melelahkan.
3.madzi adalah air yang keluar dari kemaluan,air nya bening dan lengket keluar nya air ini di sebabkan syahwat yang muncul ketika seseorang memikirkan atau membayangkan jima(hubungan seksual)atau pasangan suami istri bercumbu rayu(biasa di istilahkan dengan foreplay/pemanasan.air madzi ini keluar tidak memancar. keluar air ini tidak menyebabkan seseorang menjadi lemas dan terkadang air ini keluar yanpa d sadari.air madzi dapat terjadi pada laki2 dan wanita,meskipun umum nya lebih banyak terjadi pada wanita sebagaimana akr wadi.
#Day#2
#Tantangan10hari
#BunsayLevel11
#KuliahBundasayangIIP
#FitrahSeksualitas
Kamis, 08 Agustus 2019
FITRAH SEKSUALITAS
Learning by Teaching
Day #1
Bunda pembelajar semua..
Ayo merapat..
Malam Ini kami dari kelompok 1 Akan mempresentasikan Materi tentang
pemahaman Perbedaan Gender..
Kelompok Satu terdiri dari @Alfi @ @Bunda Risti Dan Saya sendiri..Rizkina
Pengertian gender adalah sifat yang melekat pada kaum laki2 atau perempuan..
Jadi menurut saya,,
Kenapa gender bisa berubah, jadi sifat ke laki2an dan keperempuannya itu bisa berubah jadi sebaliknya..konsep gender itu harus disempurnakan dari dini supaya mencegah berubahnya fitrah gender tersebut.Jadi sebetulnya gender itu terbentuk dari lingkungan adat istiadat serta budaya..
Gender lebih mengacu kepada perbedaan sifat, prilaku dan tanggung jawab..
Jadi dari sini bisa dilihat bagaimana perbedaannya..
Penguatan tentang gender ini juga dilakukan dengan hal2 sederhana dirumah..
Memberikan pengetahuan perbedaan laki2 dan perempuan secara fisik, prilaku, cara berpakaian dan peran sebagai laki2 dan perempuan..
Penanaman penguatan gender ini, dilakukan sejak dini karena akan masuk kedalam memori anak kita kerika dewasa nanti..



Sudah masuk 20.30
Kami langsung buka sesi pertanyaan..
Dan setiap pertanyaan sistemnya Akan langsung kami jawab seperti sharing..
1. Nama: Mudho
Pertanyaan :
Bagaimana ya mbak2, cara menjelaskan kepada anak perempuan yang masih berusia 12tahun. Apabila ia hanya berdua tinggal dengan ayahnya, dn kaka2 laki2. Yang lebih menonjol justru kelelakiannya alias tomboy.
pertanyaan sya hampir sama, ttg single parent
2. Nama: arasy
Pertanyaan:
Pada single parent Perlukah mencari peran ayah/ibu pengganti pada masa perkembangan anak?
Jawaban :
Pernah sekali waktu mengikuti kulwapnya ust.bendri (kalau tidak salah pengejaan namanya)
Peran ayah atau ibu yang kebetulan kosong tetap harus Ada penggantinya..
Entah paman, kakek, nenek, bibi, atau pihak yang memang berjenis kelanin sama dengan posisi kosong itu tapi sebaiknya dari pihak keluaraga..
Menurut saya, peran menjadi ayah atau ibu tetap menjadi tanggungajawab berdua,
Kalau pun anak anaknya bukan anak tunggal, bisa melihat "peran" laki laki dari kakak atau adik laki laki nya, begitupun sebaliknya perempuan, tapi kalau anaknya tunggal, mungkin bisa dikenalkan "peran" yg hilang tadi dari anggota keluarga yang lain (misal kakek, om atau nenek, tante)
Dan untuk yg berpisah hidup (cerai) sebaiknya tetap melaksanakan dan mengusahakan tugas ayah dan ibu dalam menemani masa pertumbuhan&perkembangan anak,
3. Nama : Mutiara
Pertanyaan : Bagaimana cara menjelaskan kepada anak balita ketika melihat ada orang dewasa yang berpenampilan tidak sesuai dengan gendernya
Jawaban :
Sepengalaman sy jawabin diba yg tanya kenapa "om" nya pakai lipstik kaya ibuk ibuk.
Dijelaskan sepemahaman dia ttg apa itu lipstik dan kenapa boleh dipakai cuman perempuan aja.
Kalau bukan perempuan berarti nggak boleh pakai (kecuali penari, pemain drama)
Mungkin om nya lagi mau nari nanti, atau om nya lupa tadi ngantuk
Usia 3 tahun identitas harus jelas bagaimana bersikap, berbicara, merasa sesuai seksualitasnya. Dimulai dari hal paling sederhana seperti pakaian, toilet, dsb. (FBE 3.0 halaman 267)
Contoh dr sy :
Laki-laki tidak pakai jilbab, pas di toilet umum masuk toilet sesuai gender.
Pada intinya penguatan di dalam sangat penting.
Laki2 sebaiknya berpakaian/berpenampilan/bersikap seperti apa begitupun sebaliknya.
4.Bunda Ayu Tamia
Gimana kl lg pergi sm ibunya saja, dan anaknya (laki2) nggak mau pergi sndr ke toilet laki2 ?
Jd ikut mamanya ke toilet perempuan juga
#pengalamanpribadi
Jawaban :
Pernah diba gitu bun, lg di cucian mobil sama ayahnya aja, pengen ke wc, awalnya nangis dan ayah nya bingung telpon telpon aja gimana gimana,
Tapi karena dalam keadaan mendesak jadilah sama ayah.
Sampai rumah, diba cerita kalau tadi sama ayah ke wc nya, nanti sama ibuk lagi ya.
Saya jawab sesuai pengalaman saya ya bun
Anaknya usia brp bund? Kalau msh dibawah 5 tahun menurut sy gpp ikut masuk sm ibunya, tapi dia tunggu d depan pintu saat ibunya BAK..
Buat kesepakatan dengan anak, kalau pergi sama ayah ibu bgmn saat ke toilet, kalau pergi sama ibu aja gmn saat ke toilet.. Ini sy terapkan ke anak.
Saya pernah ke mall, ketemu ibu ibu yg bawa anak laki lakinya mungkin kelas 1 SD, ibu itu mengantarkan anak nya ke depan toilet laki laki lalu "menitipkan" anaknya ke penjaga toilet untuk mengawasi anaknya yg sedang BAK didalam.
Dibuat kesepakatan di awal bersama anak2.. Buat konsekuensi kalau anak ternyata gamau lakuin apa yg udah jd kesepakatan. Misal gak da lg ikut pergi2 sama ibu..
5. Nama : Merry M
Pertanyaan :
Bagaimana caranya mengenbalikan fitrah sexualitas anak, jika mulai terlihat "nyebrang" Dr
Fitrah nya, misal tomboy Dan kemayu
Jawaban :
Perlahan bun @Bunda Merry ..
Tidak bisa langsung..
Dekatkan kembali anak itu dengan fitrah seharusnya..
Karena anak begitu juga prosesnya tidak instant..
Membiasakan anak2 untuk penguatan dirumah juga sangat penting..
Dimulai dri hal sederhana, cara berpakaian dan berprilaku..
6.Nama : Tyas
Pertanyaan : dalam slide perbedaan gender dan jenis kelamin dijelaskan bahwa gender bisa berubah? Boleh diterangkan maksudnya?
Terima kasih
Jawaban :
Karena gender bukan jenis kelamin, tapi terbentuk oleh sosial (nurture)
Jadi berupa nilai dan peran yg terbentuk.
Makanya ada muncul kesetaraan gender,yg masih juga jadi perdebatan ulama kalau di islam gimana ttg kesetaraan gender ini
Pertanyaan : Bunda Tyas
Masih bingung bund
Kalau jenis kelamin kan ada laki-laki dan perempuan
Kalau gender terbentuk oleh nurture bisa jadi ada gender selain gender yg ada. Misal lelaki yg kemayu, atau wanita yg maskulin.begitu kah?
Jawaban :
Jadi sebetulnya gender itu terbentuk dari lingkungan adat istiadat serta budaya..
Gender lebih mengacu kepada perbedaan sifat, prilaku dan tanggung jawab..
Jadi dari sini bisa dilihat bagaimana perbedaannya..
Penguatan tentang gender ini juga dilakukan dengan hal2 sederhana dirumah..
Memberikan pengetahuan perbedaan laki2 dan perempuan secara fisik, prilaku, cara berpakaian dan peran sebagai laki2 dan perempuan..
Penanaman penguatan gender ini, dilakukan sejak dini karena akan masuk kedalam memori anak kita kerika dewasa nanti..
7. Nanya : Reni
Gimana penanganan pada kasus udah usia dewasa? Misal wanita tomboy dan laki2 kemayu?
Jawaban :
Mohon maaf sebelumnya pertanyaan Saya tutup melihat Dan memepertimbangkan adanya review yang harus diselesaikan oleh bunda sekalian..
Terimakasih untuk partisipasi Dan kehadiran bunda semua..
Semoga Materi yang kami sampaikan dapat dipahami Dan mohon maaf untuk segala kekurangannya..
#Day#1
#Tantangan10hari
#BunsayLevel11
#KuliahBundasayangIIP
#FitrahSeksualitas
Kamis, 25 Juli 2019
Membangun Karakter Anak Melalui Dongeng
Day #15
Saung Nenek
Objek dongeng kali ini adalah saung sang nenek yang mempunyai 2 anak dalam hidupnya,namun sayang ke 2 anaknya sudah menikah dan hidup berkeluarga masing masing,jadilah sang nenek tinggal di gubuk itu sendirian.Namun kasih sayang & perhatian kedua anaknya tak pernah usai,hingga mengubah gibug itu menjadi sebuah istana yang megah buat sang nenek untuk berkumpul jika anak anaknya pulang..
Itulah sekilas isi dongeng terakhir si emak,dongemg itu dongemg fakta kehidupan si emak,gubug itu rumah orang tua si emak dahulu & pemeran di dalamnya juga si emak anak anak...kakak & si ade antusias mendengarkan,hikmah di dalam cerita ini tentang kasih sayang orang tua,bakti anak terhadap orang tua,adab sesama saudara dll....alhamdulillah di akhir cerita si kakak berkata "ummi,askar mau bawa ummi ke mekah ya naik peawat"...maa syaa Allah ka,umi bantu Aamiinkan y semoga Allah mengizinkan
#GrabYourImaguntion
#KuliahBunsayIIP
#Level10
#Membangunkarakteranakmelaluidongeng
#Tantangan10hari
Rabu, 24 Juli 2019
Membangun karakter anak melalui dongeng
Day #14
Dunia Dongeng Mainan
Malam ini kami bermain bersama selepas shalat ,tilawah juga hafalan...iya anak anak mengeluarkan banyak mainannya,dari mulai mainan hewan hingga mainan kendaraan dan itu semua menjadi objek si emak untuk berdongeng...
Dongeng kali ini tentang dunia hewan yang harus saling tolong menolong,bukan hanya manusia saja tapi semua makhluk ciptaan Allah itu harus saling tolong menolong termasuk hewan salah satu makhluk ciptaan Allah juga.
Antusias anak anak membuat si emak bahagia menjadi pendongeng dadakan,kadang si emak menyamarkan suara berbagai hewan,manusia,juga kendaraan...hingga kemudian dongeng anak anak sendiri yang meneruskan alur ceritanya...jadilah dongeng ngelor ngidul....hahaha...
#Grabyourimagination
#KuliahbunsayIIP
#Level10
#Membangunkarakteranakmelaluidongeng
#tantangan10hari
Senin, 22 Juli 2019
Membangun Karakter anak Melalui Dongeng
Day #13
Laut
Apa yang anda pikirkan saat melihat kata Laut....hehe
Jadi ceritanya sabtu kemarin,si kakak pergi ke pantai bareng anaknk santri semuanya,si emakt tak ikut karena kondisi da situasi,malamnya sebelum besok paginya ke laut si emak kembali menceritakan kisah kasih masa kecilnya dulu,yah tentang laut jadi si emak dulu pernah terbawa ombak saat berenang bersama sama teman panti asuhannya dulu,untuk pemanasan si emak kasih tahu ke si kakak agenda besok pagi adalah le lautm,mulanya si emak ceritakan laut ciptaan siapa,manfaatnya apa,apa aja yang ada di laut hingga masuk ke kisah si emak yang terbawa ombak
Hikmahnya,agar besok atau kapanpun kakak ke pantai bisa berhati hati dan bisa menjaga apa yang ada di laut khususnya jaga diri dan jaga adab
#GrabYourImagination
#KuliahBunsayIIP
#Level10
#MembangunKarakteranakmelaluidonheng
Membangun Karakter Anak melalui Dongeng
Day #12
Lebah
Nahlun dalam bahasa arabnya yang artinya lebah,salah satu nama surat yang ada dalam al qur'an...salah satu hewan yang Allah ceritakan beberapa keistimewaannya.
Malam ini si emak membaca terjemahan tentang lebah...anak anak mendengarkan...si emak berusaha kreatif menyampaikan isi cerita di dalam kalamNYA versi anak anak agar mereka tertarik...sejak ai emak jadi pendongeng anak anak meminta si emak jangan bacain buku lagi jika mau tidur tapi dongeng saja....maa syaa Allah terima kasih ya nak akhirnya ai emak bisa menjadi pendongeng buat kalian....setelah si emak menceritakan hewan lebah ciptaan siapa...bisa menghasilkan apa saja manfaat lebah itu...dan kisah di zaman zaman nabi emak ceritakan..si kakak tiba tiba menceritkan kisah kasih kakinya dulu pernah di gigit lebah. .gantian kali ini si emak dan si ade jadi pendegar setia kakak dalam berkisah-'ternyata kakak masih ingat kejadian 2 th yang lalu saat si kakak di gigit lebah ketika mau duduk tidak melihat kursi,lebahnya ada dikursi alhasil si lebah kaget dan menggigit kakinya.Ekspresi wajahnya saat menceritakan kejadian itu sudah bisa di arahkan,saat kaget,saat nangis,saat galau kakak sudah bisa mengekspresikan gerakan gerakan perasaan itu.Baarakallaah kakak semoga si ade bisa banyak belajar hebat dari kakak,terima kasih sudah banyak memberikan teladan yang baik buat ade.
#GrabYourImagination
#KuliahBunsayIIP
#Level10
#MembangunKarakterAnakMelaluiDongeng
Langganan:
Postingan (Atom)
Memaksimalkan Ikhtiar CintaNya
Hari #1 Wahai Dzat yang Maha menciptakan dunia dan isinya,sore ini saya percaya Engkau menciptakan laut,pasir juga airnya yang a...
-
Materi#4 Smart & Sumber Daya Bunda Salihah Smart merupakan akronim dari Specific,Measurable, Achievable, Relevant, Time Bound.Smart ada...
-
Day #4 Peran Ayah dalam Pengasuhan Untuk Membangkitkan Pendidikan Seksualitas Materi kali ini akan di sampaikan oleh kelompok 4,yang t...
-
Hari Ke Sembilan Bermain Lego Braaaaaaang..... Di tumpahkanlah lego lego yang ada di dalam tasnya bermain kakak,khusus lego saja temp...