Jumat, 09 Agustus 2019


FITRAH SEKSUALITAS
Learning by Teaching
Day#2

Secara edukatif, anak bisa diberi pendidikan seks sejak ia bertanya di seputar seks. Bisa jadi pertanyaan anak tidak terucap lewat kata-kata, untuk itu ekspresi anak harus bisa ditangkap oleh orangtua atau pendidik. Clara Kriswanto, sebagaimana yang dikutip oleh Nurhayati Syaifuddin,16 menyatakan bahwa pendidikan seks untuk anak usia 0-5 tahun adalah dengan teknik atau strategi sebagai berikut.
1. Membantu anak agar ia merasa nyaman dengan tubuhnya.

2. Memberikan sentuhan dan pelukan kepada anak agar mereka merasakan kasih sayang dari
orangtuanya secara tulus.

3. Membantu anak memahami perbedaan perilaku yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan di
depan umum seperti anak selesai mandi harus mengenakan baju kembali di dalam kamar mandi atau di dalam kamar. Anak diberi tahu tentang hal-hal pribadi, tidak boleh disentuh, dan dilihat orang lain.

4. Mengajar anak untuk mengetahui perbedaan anatomi tubuh laki-laki dan perempuan.

5. Memberikan penjelasan tentang proses perkembangan tubuh seperti hamil dan melahirkan dalam kalimat yang sederhana, bagaimana bayi bisa dalam kandungan ibu sesuai tingkat kognitif anak. Tidak diperkenankan berbohong kepada anak seperti “adik datang dari langit atau dibawa burung”. Penjelasan disesuaikan dengan keingintahuan atau pertanyaan anak misalnya
dengan contoh yang terjadi pada binatang.

6. Memberikan pemahaman tentang fungsi anggota tubuh secara wajar yang mampu
menghindarkan diri dari perasaan malu dan bersalah atas bentuk serta fungsi tubuhnya sendiri.

7. Mengajarkan anak untuk mengetahui nama-nama yang benar pada setiap bagian tubuh dan fungsinya. Vagina adalah nama alat kelamin perempuan dan penis adalah alat kelamin pria,
daripada mengatakan dompet atau burung.

8. Membantu anak memahami konsep pribadi dan mengajarkan kepada mereka kalau
pembicaraan seks adalah pribadi.

9. Memberi dukungan dan suasana kondusif agar anak mau berkonsultasi kepada orangtua untuk
setiap pertanyaan tentang seks.

10. Perlu ditambahkan, teknik pendidikan seks dengan memberikan pemahaman kepada anak
tentang susunan keluarga (nasab) sehingga memahami struktur sosial dan ajaran agama yang terkait dengan pergaulan laki-laki dan perempuan.

Saat anak sudah bisa nalar terhadap struktur tersebut orang tua bisa mengkaitkannya dengan pelajaran fiqh.

11. Membiasakan dengan pakaian yang sesuai dengan jenis kelaminnya dalam kehidupan sehari- hari dan juga saat melaksanakan salat akan mempermudah anak memahami dan menghormati anggota tubuhnya.


Sebagaimana telah disebutkan, teknik pendidikan seks tersebut dilakukan dengan menyesuaikan terhadap kemampuan dan pemahaman anak sehingga teknik penyampaian dan bahasa amat perlu dipertimbangkan.

Assalammualaikum teman pembelajar semua
Hari ini kami akan mempresentasikan hasil diskusi kelompok kami,

Kami kelompok 2 terdiri dari
Arasy Fitri Amir
Neni nuraini
Adhe shafitri

Adapun judul presentasi kami adalah pengenalan fitrah seksual pada anak.
Presentasi kami menggunakan slide dan voice note...
Jadi jgn kaget dengar suara merdu kami ya
Presentasi kami bagi 3 sesi, untuk sesi 1 saya persilahkan kepada Bu Arasy
Poin pertama yang akan kami jelaskan adalah tentang pendidikan fitrah seksualitas
Pendidikan seksualitas berbeda dengan pendidikan seks ,
Pendidikan seksualitas dimulai sejak bayi baru lahir.
Dan pendidikan yang merupakan jalan memenuhi tujuan hidup dan menemukan misi hidup pun , sudah harus dimulai sejak awal
Mulailah selalu dari sisi cahaya anak-anak kita, bukan sisi gelapnya.Karena jika cahaya telah melebar menerangi semua sisi , Maka kegelapan menjadi tidak relevan. .Bukankah kegelapan hanya ada ketika cahaya tiada?” (Ust. Harry Santosa FBE).

Pendidikan: proses yang mendekatkan seseorang kepada tujuan,Pendidikan menumbuhkan semua potensi Fitrah menuju Peran Peradaban ( Misi Penciptaan).

Definisi Fitrah
Fitrah :Potensi peradaban yang di dalamnya telah well installed potensi dari semua peran tiap manusia untuk menjalani misi hidupnya (peran personal ataupun peran komunal ) dalam rangka mencapai tujuan hidup.
.Fitrah berbeda dengan watak, naluri.Fitrah ( al Thabari)Makna fitrah adalah murni sebab manusia sejak lahir membawa berbagai sifat, salah satunya kemurnian atau keikhlasan dalam menjalankan aktivitas.Fitrah seksualitas Bagaimana seseorang berpikir , merasa dan bersikap sesuai dengan fitrahnya sebagai lelaki sejati atau perempuan sejati.

Tujuan pendidikan fitrah seksualitas Membuat anak mengerti identitas seksualnya Mengenal peran seksualitas yang ada pada dirinya Mengajarkan anak untuk melindungi dirinya dari kejahatan seksual.fitrah seksualitas itu bukan sekedar harus diajarkan agama tetapi butuh lebih dari itu, anak2 butuh sosok ayahnya dan ibunya hadir membersamai perkembangan hingga masuk masa Aqil Baligh nya

Kita lanjut ke poin berikut nya..
Kami membagi pengenalan fitrah seksual berdasar kan usia anak.




















Hasil Diskusi :

1. Nama : Mudho

Pertanyaan:
- Untuk mengajarkan anak usia sekolah, 6-7 thn, sebaiknya bagaimana ya memberikan pemahaman yang mudah di mengerti. Biasanya anak2 kalau qt bilg "bagian ini (payudara dn kelamin) tidak boleh di pegang" mereka malah pegang2an 🤦🏻‍♀💆🏻.

2. Cara berkomunikasi yg baik dg orangtua, jika ada orangtua yg belum melek ttg pendidikan seksualitas ini. Adakah cara tertentu agar tidak terjadi kesalahfahaman dalam berkomunikasi? Misal anak lelakinya seringkali memegang payudara anak prempuan

Jawaban :

1.Untuk usia 6-7thun sudah bisa diajak komunikasi 2arah. Maka sebaik nya dijelaskan efek dari menyentuh alat kelamin secara berlebihan,semisal lecet,bengkak dan lain2.

Usia 6-7
Bisa dijelaskan bahwa ada bagian tubuh yg tidak boleh disentuh oleh orang lain(seharusnya sdh mulai tahap ini sejak usia balita)
Ada lagu nya,
“Sentuhan tidak boleh
Sentuhan tidak boleh
Yang tertutup baju dalam...”
Nah, ketika kita tidak mengijinkan orang lain menyentuh kita maka
Kita tidak boleh menyentuh punya org lain juga.
Gunakan bahasa2 ilmiah untuk menjelaskan pentingnya organ2 seksual mereka.

2.Cara berkomunikasi yg baik: dengan memberi contoh peristiwa pada masyarakat.
Menceritakan banyak kejadian pelecehan seks pada anak, akibat tidak aware nya orang tua.
Bahwa kalau kita tidak peduli maka akan jadi bumerang
Anak2 sekarang Gen C , always connecting, mudah akses internet.
Tanpa arahan yang jelas bisa salah arah, tanpa pondasinyang kuat bisa gampang terpengaruh

2. Nama : Risda

Pertanyaan:
1. Bagaimana cara menjelaskan kepada anak yang bertanya tentang mimpi basah, kenapa disebut mimpi basah? emang kalau ngompol udah dewasa itu mimpi basah yah bu namanya?
2. Kalau perempuan menstruasi itu keluar darah, katanya kalau laki-laki keluar susu, benar gak sih bu?

Pertanyaan ini beberapa hari yang lalu yasmin tanyakan karena di sekolah temen-temennya heboh ngebahas tentang ciri-ciri baliq, kata yasmin pas yasmin tanya ke gurunya mimpi basah itu bentuknya kaya apa, malah ketawa satu kelas termasuk gurunya, ada temen yang jawab katanya keluar susu.
Dan gurunya menjawab suruh tanya ayahnya. (Usia Yasmin 13 tahun)

Semoga bisa membantu saya menjelaskan pada yasmin.

Jawaban :

Usia 7-10 th
Egosentris telah bergeser ke sosio sentris

Ayah berkewajiban memahami peran sosial kepada anak lelakinya, peran kelelakian dan peran keayahan dalam pentas sosial. Bahkan mandi wajib dan mimpi basah adalah tanggung jawab sang ayah

Begitu pula peran ibu, ibu org pertama yang harus menjelaskan makna konsekuensi adanya rahim ddan sel telur. Serta menjelaskan peran sosial  perempuan


ayah bisa menciptakan komunikasi yang baik  dan hangat dengan anak laki-lakinya. Karena pada awalnya, anak mungkin akan merasa malu jika membicarakan masalah ini. Maka, mulailah dengan membicarakan perubahan fisik yang terjadi padanya karena pubertas,Jelaskan pada anak bahwa suatu saat dalam tidurnya ia akan bermimpi sangat dekat dengan perempuan baik yang dikenalnya atau yang tidak, kemudian dari kemaluannya akan keluar cairan mani. Ayah dan Bunda bisa membuat alat peraga air mani dari *tepung kanji atau sagu yang dicampur dengan sedikit air hingga encer, * agar anak mengerti bentuk air mani dan tidak perlu malu jika nanti mengalaminya.
Katakan juga pada anak bila hal ini terjadi, maka ia harus mandi besar saat bangun tidur agar bisa kembali menjalankan shalat. Ajarkan juga pada anak cara mandi junub lengkap dengan niatnya.
Setelah anak memahami tentang mimpi basah, kemudian jelaskan pada anak bahwa setelah mengalami mimpi basah, maka pahala dan dosa atas semua perbuatannya akan menjadi tanggungannya, dalam Islam ia disebut sudah mukallaf.Jelaskan juga bahwa setiap kali anak mengalami mimpi basah, maka ia harus melakukan mandi junub agar bisa kembali menjalankan sholat dan membaca Al-Qur’an.

Izin sharing kutipan ttg mimpi basah dari buku dr. Boyke bun :
Mimpi basah menandakan organ  reproduksi yang dimiliki seorang laki-laki sudah menghasilkan sperma. Kelenjar pituitary yang berada didalam otak dekat telinga merangsang testosteron yang ada di dalam testis (buah zakar) untuk mulai memproduksi sperma. Sayangnya, tempat sperma dalam tertis terbatas. Sementara, sperma terus diproduksi. Akibatnya testis tidak bisa menampung jumlah sperma yang berlebihan, sehingga harus dikeluarkan dengan cara mekanisme mimpi basah. Mekanisme ini berlangsung secara alamiah, Allah SWT sudah merancang tubuh sedemikian rupa untuk mengatasi kelebihan sperma. Cairan sperma yang keluar lewat penis di sebut air mani.Mimpi basah ini akan terus terjadi ya makPel? sepanjang hasrat seksual anak laki2 yg belum bisa tersalurkan berarti keluarnya via mimpi basah

3. Nama : Hasanah

 Pertanyaan
1. Saat menjelaskan menstruasi atau mimpi basah siapa yg menjelaskan ? Ayah atau ibu atau di sesuaikan gendernya misal anak laki-laki dengan ayahnya anak perempuan dengan ibunya atau sebaliknya ?

 Jawaban :

Jawabannya sama dengan jawaban bunda Risda

PERBEDAAN MANI, WADHI DAN MADZI..

1.Mani adalah cairan berwarna putih yg keluar memancar dari kemaluan,biasanya keluar nya cairan ini di iringi dgn rasa nikmat dan di barengi dgn syahwat.mani dpt keluar dlm keadaan sadar(seperti hubungan suami istri) ataupun dalam keadaan tidur (bisa di kenal dengan sebutan mimpi basah)
2.wadhi adalah cairan putih kental yg keluar dari kemaluan seseorang setelah kencing atau mungkin setelah melakukan pekerjaan yang melelahkan.

3.madzi adalah air yang keluar dari kemaluan,air nya bening dan lengket keluar nya air ini di sebabkan syahwat yang muncul ketika seseorang memikirkan atau membayangkan jima(hubungan seksual)atau pasangan suami istri bercumbu rayu(biasa di istilahkan dengan foreplay/pemanasan.air madzi ini keluar tidak memancar. keluar air ini tidak menyebabkan seseorang menjadi lemas dan terkadang air ini keluar yanpa d sadari.air madzi dapat terjadi pada laki2 dan wanita,meskipun umum nya lebih banyak terjadi pada wanita sebagaimana akr wadi.

#Day#2
#Tantangan10hari
#BunsayLevel11
#KuliahBundasayangIIP
#FitrahSeksualitas

Tidak ada komentar:

Memaksimalkan Ikhtiar CintaNya

Hari #1 Wahai Dzat yang Maha menciptakan dunia dan isinya,sore ini saya percaya Engkau menciptakan laut,pasir juga airnya yang a...