Selasa, 06 Juli 2021

Jurnal#1 identifikasi maslah Bunda Salihah

 



Jurnal#1
Identifikasi Masalah
Ibu Pembaharu
Bunda Salihah

Setelah menunggu dalam masa tenggang yang menegangkan untuk mengambil keputusan dan langkah ke depan lanjut atau tidaknya ke kelas Bunda salihah dengan Bismillahirrahmanirrahim akhirnya saya memutuskan untuk melanjutkan, berbekal niat dan tekad yang kuat semoga Allah istiqamah kan hingga selesai dan bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari hari... Aamiin

IBU PEMBAHARU

Tag line di kelas bunda salihah ini adalah ibu pembaharu, di sini kami sebagai ibu pembaharu yang akan mempelajari banyak hal, memilih berubah atau kalahnya, mengubah masalah menjadi tantangan, membangun team untuk mengubah empati aksi, berinovasi sosial untuk solusi bersama

EVERY MATHERS IS A CHANGEMAKER

Di awali dengan orientasi pada hari senin, 21 Juni 2021 akhirnya kami resmi menjadi mahasiswi Bunda salihah,dengan 3 kata kunci di dalam kampus ibu pembaharu yaitu "Energi,Komitmen,Bahagia" 🥰hingga di hari Rabu 23 Juni 2021 kami menerima materi perdana kami yaitu

 "Identifikasi Masalah"


Langkah pertama di materi ini kami harus melihat masalah di dalam diri sendiri dengan cara menuliskan semua permasalahan yang di rasa menjadi masalah dalam Bank masalah agar fokus pada perubahan yang sangat di inginkan selama ini. Setelah menuliskan masalah di Bank masalah kita juga memilah dan mengelompokan masalah masalah tersebut ke dalam 3 kategori, yaitu:
1.Masalah Pribadi
2.Masalah Keluarga
3.Masalah Sosial



Langkah kedua yaitu problem statement, memilih salah satu masalah yang akan di selesaikan selama perkuliahan di kelas Bunda salihah ini, dari semua bank masalah sayapun mencari masalah yang benar benar saya prioritaskan, akhirnya saya memilih Pengendalian diri dalam perkembangan dan pertumbuhan anak anak di masa masa yang tidak akan pernah berhenti dalam mengasuh anak anaknya, saya ingin benar benar hadir penuh kebahagiaan buat saya dan anak totalitas dalam membersamai anak anak dan konsisten. 


Setelah saya memilih salah satu maslah yang saya prioritaskan, saya tau banget kalau maslah tersebut emang benar benar maslah banget bagi saya, dari segala kekurangan dan keterbatasan yang ada pada diri saya dan mungkin juga karena pola pengasuhan yang salah hingga akhirnya menimbulkan ketidakwarasan saya😭saya juga tahu bagaimana masalah tersebut sudah selesai apa belum saat perasaan ini melahirkan banyak rasa antara nyaman dan tidak, baik apa tidak, di lanjutkan apa tidak semua itu yang akhirnya membuat pertanyaan saat ini berubah apa kalah??? Materi itu mudah di mengerti tapi penerapannya itu sulit sekali, saya hanya butuh konsisten, komitmen, bahagia dan totalitas saja sebenarnya untuk bisa menyelesaikan masalah yang saya hadapi ini, mampu me-manage waktu dan me-manage emosi dengan baik saja itu cukup bahkan lebih dari cukup. 


Langkah terakhir di materi perdana kelas Bunda Salihah Ibu Pembaharu ini adalah Analisa akar masalah, setelah menuliskan dan memilih masalah yang mana yang akan saya carikan solusinya akhirnya saya menemukan keyword indikator dari masalah saya adalah konsisten, totalitas, rasa bahagia dan ketagihan anak,. Maka dari hasil keyword indikator masalah itu dapat kita simpulkan beberapa akar masalah yang ada serta tampak yang nyata yang sudah kita lakukan dan dapat kita temukan juga solusi atau jalan keluar dari permasalahan tersebut melalui indikator tadi. Ternyata banyak banget ya masalah pribadi yang harus di selesaikan terlebih dahulu🤣semangaaaat mak jangan lupa bahagia semoga Allah mudahkan. 


Ya Allah banyak banget kekurangan Mamake ternyata selama ini😭sedih ya 

Bersambung dulu ya mak, gak kuat nerusin nya... Sampai ketemu di jurnal part #2 ya😁

#Jurnal#1
#Materi1
#IbuPembaharu
#BundasalihahIIP
#BundsalBatch#1
#Hexagonia
#Hexagoncity
#Semestakaryaindonesia
#Institutibuprofesional




Tidak ada komentar:

Memaksimalkan Ikhtiar CintaNya

Hari #1 Wahai Dzat yang Maha menciptakan dunia dan isinya,sore ini saya percaya Engkau menciptakan laut,pasir juga airnya yang a...