Senin, 14 Desember 2020

Jurnal1 XtraMiles

 Hexa HeadKuarter

Bunda Produktif

Extra Miles

Materi kali ini tentang Extra Miles yang mana artinya adalah melakukan sesuatu yang lebih demi tercapainya tujuan. 

Melakukan sesuatu yang lebih untuk mendapatkan yang lebih pula, apapun itu jika di lakukan dengan sungguh sungguh maka hasilnya pun akan luar biasa, di Bunda produktif kali ini melakukan sesuatu yang lebih tentang aktifitas kita di project passion yang harus kita tingkatkan. Aktifitas yang bisa memajukan project passion kita melaju dengan sungguh sungguh menggapai goalnya. 



Ada 4 kuadran yang harus benar benar kita petakan semua aktifitas kita dalam project passion di mana semua kuadran itu masing masing mempunyai mempunyai impact atau effort Matrix nya, kita bisa mengkategorikan aktifitasnya dengan memetakannya masing masing dalam setiap kuadran sebelum memilih aktifitas mana yang harus kita Extra miles kan. 

4 Kuadran itu antara lain :

1.Thankless Tasks (High Effort, Low impact) 
Aktifitas di sini adalah aktifitas beberapa peran kita di Project passion yang sudah kita lakukan dengan optimal, dengan usaha tinggi tapi tetap memberikan dampak yang kecil. Bahkan beberapa ide disini bisa menyebabkan kita frustasi, maka kita harus segera memutuskan untuk menghentikan aktifitas atau pekerjaan pekerjaan ini dan menggeser atau menaikannya ke kuadran lain. Atau dengan kata lain sesuatu yang penting dan mendesak tapi tidak suka dan tidak bisa, tugas tanpa pamrih dalam project passion. 

2.Fiil Ins (Low Effort, Low Impact) 
Aktifitas di sini adalah beberapa pekerjaan yang tidak dapat kita hindari dan bisa kita kerjakan dalam keadaan lelah, sekalipun bisa tercapai tapi dampaknya kecil baik bagi tim maupun bagi perkembangan pribadinya. Atau dengan kata lain suatu aktifitas kita di project passion yang sudah kita berikan yang kita sendiri sudah ada sedikit kemampuan dalam melakukannya entah bisa atau tidak entah dia suka atau tidak. 

3.Quick Wins (Low Effort, High Impact)
Aktifitas disini adalah beberapa pekerjaan Ide Extra Miles untuk project passion yang memiliki dampak terbesar tanpa banyak pekerjaan Extra. Ini adalah kuadran yang kita inginkan agar semua orang menang atau suatu aktifitas yang bisa memenangkan project dengan cepat meskipun usaha itu rendah namun dampaknya sangat tinggi buat project passion

4.Majir Project (High Effort, High Impact)
Aktifitas ini adalah beberapa ide ide Extra Miles di project passion yang biasanya tidak pernah kita lakukan karena terlalu sulit dan ada begitu banyak alasan atau excause serta kesibukan di antaranya. Aktifitas di sini adalah salah satu aktifitas yang harus di Extra Miles kan atau aktifitas kita di project passion yang besar dengan usaha yang besar hingga memberikan dampak yang besar pula. 

Di bawah ini adalah beberapa aktifitas saya yang belum saya Extra mileskan, setelah saya petakan beberapa aktifitas saya di project passion sesuai kuadran masing masing. 


Setelah saya letakan aktifitas aktifitas saya, akhirnya saya memilih 2 aktifitas yang harus saya tingkatkan, 

1.Pimpro dan Menulis jurnal
Aktifitas yang sebelumnya berada di kuadran Fill ins akan saya naikan ke kuadran Quick wins karena saya merasa masih harus banyak belajar meskipun aktifitas ini terlihat simple dan sederhana dalam pengerjaanya namun saya harus bisa memberikan dampak yang besar buat project saya bersama team work. 

2.Self Editing 
Aktifitas yang sebelumnya berada di kuadran Thankless Tasks ini akan saya naikan ke kuadran Major project. Karena berkaitan dengan project passion kami yaitu ebook makan saya akan meningkatkan proses self editing dalam bentuk merapikan tulisan tulisan ide main yang akan di publikasikan dalam bentuk ebook dengan cerita yang menarik sesuai narasi yang memikat dan ejaan yang benar serta editing dokumentasi ide main di dalamnya agar ketika orang orang melihat ebook kami gambar gambar yang kami sajikan dalam ebook bisa memikat para pembaca khususnya bisa di terapkan dan di aplikasikan dalam kehidupan para pembaca ebook di rumahnya masing masing. 



Setelah mengevaluasi beberpa aktifitas pribadi dalam project passion akhirnya kami sama sama tahu aktifitas mana yang harus kami tingkatkan dalam bidangnya masing masing team kami, hingga akhirnya kami bisa saling mendukung, mensupport, memotivasi dan saling tolong menolong dalam aktifitas aktifitas yang di rasa kurang dalam memajukan project ini, kita tuliskan ide ide extra miles kita semua team dalam memajukan project passion ini dan kita ambil peran kita masing masing agar project ini bisa melaju dengan pesat sesuai dengan tahapannya. 


Nah itulah beberapa ide ide ExtraMiles saya dan team dalam mengembangkna project passion ladang main di bunda produktif ini, kami akan melakukan self editing untuk menuntaskan ebook kami di tahap ke dua atau di milestone dua ini. Melakukan lebih untuk mendapatkan yang lebih pula. Mungkin orang orang besar dalam bidangnya masing masing pun sebelum mereka menginjakkan kakinya di puncak tertinggi pasti ada sesuatu yang sangat besar yang harus mereka bayarkan terlebih dahulu untuk mendapatkan semuanya mulai dari niat yang besar, pengorbanan yang besar dan tentunya rintihan doa yang besar pula. Semoga segala usaha kita pun di project passion ini membuahkan hasil yang besar pula. Semangaaaaat... 



Mengerjakan sesuatu dengan cara biasa makan akan mendapatkan hasil biasa saja, namun jika kita mengerjakannya Extra Miles makan kita juga akan mendapatkan hasil berlipat. 

#Hexagoncity
#Hexagonia
#Bundaproduktif
#ZonaX
#Xtramiles
#BundprofIIP
#Institutibuprofesional





Tidak ada komentar:

Memaksimalkan Ikhtiar CintaNya

Hari #1 Wahai Dzat yang Maha menciptakan dunia dan isinya,sore ini saya percaya Engkau menciptakan laut,pasir juga airnya yang a...